IT Governance Award BUMN

IT-Governance

Kementerian BUMN memberikan penghargaan IT Governance Award Terbaik I kepada PTPN VII (Persero) untuk Kategori BUMN Perkebunan, Pertanian, Kehutanan dan Perikanan pada tanggal 24 November 2011 di Jogjakarta . Penghargaan diberikan atas Pelaksanaan Pengelolaan Pemanfaatan Teknologi Informasi Perusahaan.

Penilaian IT Governance AWARD BUMN yang diselenggaraan Kementeriean BUMN dilakukan oleh Pihak yang Independen yang melibatkan Akademis dan Praktisi /Konsultan dengan berdasarkan Kriteria sebagai Berikut;

1.  IT Master Plan

2.  Arsitektur Informasi

3.  Prinsip Kebijakan , Standard dan SOP Teknologi Informasi yang telah disusun

4.  Struktur dan Mekanisme Organisisasi TI

5.  Information Technology Valuation

6.  Key Performance Indikator Pelaksanaan TI

7.  Service Level Managemen Layanan-Layanan Teknologi Informasi yang dimiliki

8.  Laporan Pencapaian Tingkat Layanan

9.  Perencanaan Kapasitas Layanan TI

10.Manajemen Risiko TI

11.Laporan Kinerja TI pada manajemen (Laporan Manajemen TI)

12.Laporan / Evaluasi (Nilai Manfaat)  Pasca Implementasi Teknologi Informasi

 

GAMBARAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI
Secara sekilas bahwa jika pada awalnya TI merupakan alat pendukung proses otomasi pembuatan laporan, analisa teknis dan keuangan, dan kemudian mulai didayagunakan sebagai sarana yang mampu memberikan peluang peningkatan usaha dalam penciptaan dan pengembangan inovasi produk dan jasa serta layanan, maka selanjutnya pada beberapa perusahaan saat ini Teknologi Informasi menjadi sarana transformasi bisnis, yang semakin tidak terpisahkan dari kegiatan bisnis itu sendiri secara menyeluruh. Peran aktif Direksi dan Manajemen Puncak BUMN dalam  pendayagunaan TI dapat terealisasi dan terimplementasikan dalam pada proses IT Governance atau Tata Kelola Teknologi Informasi dengan melalui peran kepemimpinannya. Hal ini sesuai pengertian IT Governance yang menyatakan bahwa Tata Kelola merupakan Tanggung Jawab Direksi dan manajemen Puncak serta merupakan bagian integral dari Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance/GCG), mencakup kepemimpinan, struktur organisasi, dan proses yang memastikan bahwa TI perusahaan dapat mempertahankan dan memperluas pencapaian strategi dan tujuan perusahaan. Akhirnya bahwa hanya perusahaan yang telah menerapkan Good Corporate Governance yang mampu menerapkan Good IT Governance.

Melalui IT Governance/Tata Kelola Teknologi Informasi  pendayagunaan Teknologi Informasi dapat sepenuhnya dapat dipertangung jawabkan baik untuk nilai manfaat dan/atau return yang dihasilkannya telah  benar-benar sesuai dengan yang dijanjikan saat anggaran  disetujui,  juga untuk Risiko Bisnis yang muncul berkaitan dengan TI dapat dimitigasi.

Beberapa pokok bahasan dalam rapat disampaikan oleh beberapa BUMN yang telah Maturity dalam IT Governance  yaitu:

1.  Strategi Implementasi dan Manajemen Perubahan.

2.  Keselarasan Antara Strategi Bisnis dan Master Plan TI

3.  Peran Strategik BOC-BOD pada IT Governance

4.  Keselarasan IT Strategic Plan dengan Business Plan

5.  Teori & Praktik IT Governance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.